![]() |
Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama
Sekolah :
Tema : Hiburan
Kelas/Semester : III
/ 1
Alokasi
Waktu : 2
minggu
I. Standar Kompetensi
|
|||
I.
|
PKn
|
|
|
|
1.
|
Mengamalkan
makna Sumpah Pemuda
|
|
II.
|
IPS
|
|
|
|
1.
|
Memahami
lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan
sekolah
|
|
III.
|
Bahasa
Indonesia
|
|
|
|
Mendengarkan
|
|
|
|
1.
|
Memahami
penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
|
|
|
Berbicara
|
|
|
|
2.
|
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan
bercerita
dan memberikan tanggapan/ saran
|
|
|
Membaca
|
|
|
|
3.
|
Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan
membaca
dongeng
|
|
|
Menulis
|
|
|
|
4.
|
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk
paragraf dan puisi
|
|
IV.
|
Matematika
|
|
|
|
1.
|
Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
|
|
V.
|
IPA
|
|
|
|
1.
|
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal
yang
mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
|
|
|
2.
|
Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan,
dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
|
|
|
3.
|
Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya
dalam
kehidupan sehari-hari
|
|
II. Kompetensi Dasar
1. PKn :
- Mengenal makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
- Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam
kehidupan sehari-hari
2. IPS :
- Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
3. IPA :
- Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
- Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan
lingkungan tidak sehat
-
Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna, atau
rasa) yang dapat diamati akibat dari
pembakaran, pemanasan dan
diletakkan di udara terbuka
4. Matematika :
- Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
- Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan
tiga angka dan
pembagian bilangan tiga angka
- Melakukan operasi hitung campuran
5. Bahasa Indonesia :
- Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara
lisan
- Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang
disampaikan secara lisan
- Menceritakan pengalaman yang mengesankan
dengan menggunakan
kalimat yang runtut dan mudah dipahami
- Menjelaskan urutan membuat atau melakukan
sesuatu dengan kalimat
yang runtut dan mudah dipahami
- Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat)
dengan lafal dan intonasi
yang tepat
- Menceritakan isi dongeng yang dibaca
- Menyusun
paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan
memperhatikan penggunaan ejaan
- Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar
III. INDIKATOR
1.
PKn :
§
Menulis
isi teks Sumpah Pemuda
§
Menyanyikan
lagu Satu Nusa Satu Bangsa
§
Mendiskusikan
cara kita mengamalkan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
2.
IPS :
§
Menjelaskan
manfaat denah dalam kehidupan sehari-hari
§
Membuat
denah SD Assalaam dilengkapi dengan rencana penghijauan
§
Membuat
denah rumah siswa dengan menentukan arah mata
angin
§
Membaca
denah rumah siswa dan SD Assalaam
§
Membuat peta dari rumah siswa ke SD Assalaam
§
Membaca
peta dari rumah siswa ke SD Assalaam
3.
IPA :
§
Menggolongkan
tumbuhan berdasarkan bunganya
§
Membedakan
kondisi lingkungan sehat dan tidak sehat melalui gambar
§
Mendemonstrasikan
adanya perubahan sifat pada benda akibat pembakaran, pemanasan dan diletakkan
di tempat terbuka
§
Membandingkan
benda sebelum dan sesudah mengalami pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di
tempat terbuka
4.
Matematika :
§
Membilang
secara urut
§
Membandingkan
dua buah bilangan dengan simbol <, >, dan =
§
Mengingat
perkalian dan pembagian sampai dengan seratus
§
Membuat
tabel 10 x 10
§
Menghitung
perkalian dan pembagian oleh 2 dan 10 secara cepat
5.
Bahasa Indonesia :
§
Mendengarkan
petunjuk melakukan permainan
§
Mencatat
petunjuk tentang permainan
§
Menceritakan
pengalaman pribadi yang menyenangkan
§
Menjelaskan
urutan cara melakukan suatu permainan
§
Membaca
puisi dengan penghayatan
§
Menyebutkan
nama dan sifat tokoh dari dongeng yang dibaca
§
Menceritakan
kembali isi dongeng dengan kata-kata sendiri
§
Memberi
saran tentang sifat tokoh dari dongeng yang
dibacanya
§
Melengkapi
kalimat dengan kata yang tepat
§
Menulis
puisi karangan sendiri
Melengkapi kalimat berdasarkan gambar dalam puisi
IV.
Tujuan Pembelajaran**
1. PKn : - Siswa
dapat menulis isi teks Sumpah Pemuda
- Siswa dapat menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa
- Siswa dapat mendiskusikan cara kita
mengamalkan satu nusa,
satu bangsa dan satu bahasa
2.
IPS :
- Siswa dapat menjelaskan manfaat denah dalam kehidupan
sehari-hari
- Siswa dapat membuat denah SD Assalaam
dilengkapi dengan
rencana penghijauan
- Siswa
dapat membuat denah rumah siswa dengan
menentukan arah mata angin
- Siswa dapat membaca denah rumah siswa dan
SD Assalaam
- Siswa dapat membuat peta dari rumah siswa
ke SD Assalaam
- Siswa dapat membaca peta dari rumah siswa
ke SD Assalaam
3. IPA : - Siswa
dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan bunganya
- Siswa dapat membedakan kondisi lingkungan
sehat dan tidak
sehat melalui gambar
- Siswa dapat mendemonstrasikan adanya
perubahan sifat pada
benda akibat pembakaran, pemanasan dan
diletakkan di
tempat terbuka
- Siswa dapat membandingkan benda sebelum dan
sesudah
mengalami pembakaran, pemanasan, dan
diletakkan di tempat
terbuka
4. Matematika : - Siswa dapat
membilang secara urut
- Siswa dapat membandingkan
dua buah bilangan dengan simbol <, >,
dan =
- Siswa dapat mengingat perkalian dan
pembagian sampai
dengan seratus
- Siswa dapat membuat tabel 10 x 10
- Siswa dapat menghitung perkalian dan
pembagian oleh 2 dan
10 secara cepat
5. Bahasa Indonesia : - Siswa dapat mendengarkan
petunjuk melakukan permainan
- Siswa dapat mencatat petunjuk tentang
permainan
- Siswa dapat menceritakan pengalaman pribadi
yang
menyenangkan
- Siswa dapat menjelaskan urutan cara
melakukan suatu
permainan
- Siswa dapat membaca puisi dengan
penghayatan
- Siswa dapat menyebutkan nama dan sifat
tokoh dari dongeng
yang dibaca
- Siswa dapat menceritakan kembali isi
dongeng dengan kata-
kata sendiri
- Siswa dapat memberi saran tentang sifat
tokoh dari dongeng
yang dibacanya
- Siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata
yang tepat
- Siswa dapat menulis puisi karangan sendiri
- Siswa dapat melengkapi kalimat berdasarkan
gambar dalam
puisi
v Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun
( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Ketelitian
( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya
diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery
)
V. Materi Pokok
1. PKn
·
Makna
satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
2. IPS
·
Kerja
sama di lingkungan rumah
3. IPA
·
Ciri-ciri
dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·
Perubahan
pada makhluk hidup
·
Sifat-sifat
benda
4. Matematika
·
Garis
bilangan
·
Penjumlahan
dan pengurangan
·
Perkalian
dan pembagian
·
Uang
·
Alat
ukur
·
Hubungan
antar satuan waktu, panjang dan berat.
5. Bahasa Indonesia.
·
Melakukan
sesuatu berdasarkan penjelasan.
·
Mengomentari
tokoh-tokoh cerita anak.
·
Menceritakan
pengalaman yang mengesankan.
·
Memberikan
tanggapan dan saran sederhana.
·
Menjelaskan
isi teks.
VI. MetodE Pembelajaran
1. Informasi
2. Diskusi
3. Tanya jawab
4. Demontrasi
5. Pemberian tugas
VII. Langkah-langkah pembelajaran
A. Kegiatan Awal
Apresepsi:
F Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi
ajar, model dan alat peraga.
F Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
F Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang
lalu
B.
Kegiatan Inti
Minggu I
Pertemuan
pertama : 6 X 35 menit (IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Setelah menyimak materi penggolongan hewan, siswa diminta
menjelaskan cara pengelompokkan hewan yaitu berdasarkan persamaan ciri misalnya
jumlah kaki, cara bergerak, penutup tubuh, jenis makanannya, dan tempat
hidupnya.
F Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok, setiap kelompok
diminta mengamati ciri-ciri berbagai hewan disekitar mereka. Hasil pengamatan
dimasukkan ke dalam tabel.
PKn
F Mengajak siswa untuk memperhatikan gambar :
1. Para remaja sedang
berlatih cara membalut luka
2. Para remaja sedang
menolong korban banjir
F Dilanjutkan dengan melakyukan tanya jawab dengan
siswa mengenai gambar-gambar yang telah diamatinya. Pertanyaan sebagai berikut
:
1. Siapa saja yang
ditolong oleh PMR?
2. Bagaimana cara
mereka menolong korban?
3. Apa akibatnya jika
menolong korban dilakukan sendiri?
Matematika
F Tanya jawab
tentang satuan panjang yang digunakan untuk mengukur tinggi badan
misalnya meter
F Membimbing siswa untuk mengukur tinggi badan
teman-temannya
F Membahas cara membulatkan suatu bilangan
F Mendiskusikan hubungan satuan km,m,dm dan cm
F Memberikan trik yang cepat hubungan antar satuan panjang
F Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang
berhubungan dengan satuan panjang
Bahasa
Indonesia
F Guru membacakan petunjuk cara menjaga kebersihan kelas
F Siswa diminta menyampaikan penjelasan cara menjaga
kebersihan kelas
F Guru menyuruh siswa menjawab pertanyaan yang diajukan
IPS
F Mengajak siswa untuk mengamati gambar :
1.
Sampah
dikumpulkan untuk diolah
2.
Sampah
di sungai
3.
Penumpukkan
sampah dinmana-mana, karena tidak ada TPA
F Mengajak siswa untuk mengamati gambar-gambar banjir di Bandung
Setelah pengamatan ini dilanjutkan tanya jawab
dengan memberikan pertanyaan sebagai berikut :
1.
Mengapa
banjir seperti pada gambar bisa terjadi?
2.
Apa
yabg akan kamu lakukan untuk mencegah agar bencana banjir tidak terjadi?
F Melakukan tanya jawab dan diskusi dengan siswa dengan
memberikan pertanyaan
1.
Pernakah
di daerahmu terjadi banjir?
2.
Bila
pernah apa penyebabnya?
3.
Apa
akibatnya bagimu?
F Hasil diskusi dituliskan pada selembar kertas
Pertemuan ke dua 6 X 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F Guru membacakan cerita yang berjudul meniru yang baik
F Guru menyuruh siswa menyebutkan tokoh-tokoh dari cerita
yang didengarnya
F Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru
IPS
F Membagi siswa menjadi dua
kelompok untuk melakukan praktek kesadaran lingkungan
F Mengajak siswa untuk mempersiapkan alat-alat kebersihan
a.
Kelompok satu : mengumpulkan sampah yang ada di lingkungan sekolah,
memisahkan antara sampah kering dan sampah besar kemudian menguburkan sampah
basah tersebut
b. Kelompok dua : Menanam pohon di sekolah
Membebaskan siswa untuk memilih tanaman yang akan ditanam dan memotivasi
siswa agar selalu merawat tanaman tersebut
Matematika
F Tanya jawab
tentang satuan panjang yang digunakan untuk mengukur tinggi badan
misalnya meter
F Membimbing siswa untuk mengukur tinggi badan
teman-temannya
F Membahas cara membulatkan suatu bilangan
F Mendiskusikan hubungan satuan km,m,dm dan cm
F Memberikan trik yang cepat hubungan antar satuan panjang
F Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang
berhubungan dengan satuan panjang
IPA
F Setelah menyimak materi penggolongan hewan, siswa diminta
menjelaskan cara penegeloimpokkan hewan yaitu berdasarkan persamaan ciri
misalnya jumlah kaki, cara bergerak, penutup tubuh, jenis makanannya, dan
tempat hidupnya.
F Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok, setiap
kelompok diminta mengamati ciri-ciri berbagai hewan disekitar mereka. Hasil
pengamatan dimasukkan ke dalam tabel.
Pertemuan ke tiga 4 X 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F Siswa mendengarkan pembacaan naskah drama
F Siswa mempraktekan pembacaan naskah drama
F Guru menyuruh siswa mengungkapkan pendapatnya tentang
isi teks drama yang didengarkan
Matematika
F Tanya jawab
tentang satuan panjang yang digunakan untuk mengukur tinggi badan
misalnya meter
F Membimbing siswa untuk mengukur tinggi badan
teman-temannya
F Membahas cara membulatkan suatu bilangan
F Mendiskusikan hubungan satuan km,m,dm dan cm
F Memberikan trik yang cepat hubungan antar satuan panjang
F Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang
berhubungan dengan satuan panjang
IPA
F Setelah menyimak materi penggulongan hewan, siswa diminta
menjelaskan cara penegeloimpokkan hewan yaitu berdasarkan persamaan ciri
misalnya jumlah kaki, cara bergerak, penutup tubuh, jenis makanannya, dan
tempat hidupnya.
F Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok, setiap kelompok
diminta mengamati ciri-ciri berbagai hewan disekitar mereka. Hasil pengamatan
dimasukkan ke dalam tabel
Minggu II
Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Setelah menyimak materi penggolongan hewan, siswa diminta
menjelaskan cara penegeloimpokkan hewan yaitu berdasarkan persamaan ciri
misalnya jumlah kaki, cara bergerak, penutup tubuh, jenis makanannya, dan
tempat hidupnya.
F Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok, setiap kelompok
diminta mengamati ciri-ciri berbagai hewan disekitar mereka. Hasil pengamatan
dimasukkan ke dalam tabel.
PKn
F Mempraktekkan cara membalut luka
F Mempraktekkan cara menolong kecelakaan/mushibah
Matematika
F Tanya jawab
tentang satuan panjang yang digunakan untuk mengukur tinggi badan
misalnya meter
F Membimbing siswa untuk mengukur tinggi badan teman-temannya
F Membahas cara membulatkan suatu bilangan
F Mendiskusikan hubungan satuan km,m,dm dan cm
F Memberikan trik yang cepat hubungan antar satuan panjang
F Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita
yang berhubungan dengan satuan panjang
Pertemuan ke dua : 6 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
Bahasa
Indonesia
F Guru menunjukkan gambar rambu-rambu lalu lintas
F Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai arti
rambu-rambu lalu lintas
F Guru mengintruksikan siswa menggambar salah satu rambu lalu
lintas
F Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai arti rambu lalu
lintas yang digambarnya
IPS
F Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai kelurahan
F Guru mengajak siswa berkunjung ke kelurahan Balonggede
F Guru memberikan tugas pada siswa untuk mencatat data
jumlah penduduk mengenai kelahiran dan kematian di
kelurahan Balonggede
Matematika
F Tanya jawab
tentang satuan panjang yang digunakan untuk mengukur tinggi badan
misalnya meter
F Membimbing siswa untuk mengukur tinggi badan teman-temannya
F Membahas cara membulatkan suatu bilangan
F Mendiskusikan hubungan satuan km,m,dm dan cm
F Memberikan trik yang cepat hubungan antar satuan panjang
F Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita
yang berhubungan dengan satuan panjang
Pertemuan ke tiga : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPA, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru memberikan dua buah gambar : 1. lingkungan kotor 2.
lingkungan sehat
F Guru menyuruh siswa melengkapi kalimat sesuai dengan
gambar
F Guru menyuruh siswa untuk memberikan saran terhadap
kedua gambar tersebut
IPA
F Meminta siswa mengmti photo seorang anak dari usia balita
hingga dewasa, siswa diminta menjelaskan perubahan yang terjadi dari usia
balita hingga dewasa
F Secara kuantitatif guru dapat menunjukkan grafik di dalam
KMS. Guru meminta siswa menyerahkan KMS yang dibawa siswa, kemudian guru
menggambarkan grafik tinggi dan berat badan seperti yang ada di dalam KMS siswa
F Siswa diminta mencari informasi tentang bermacam-macam
vitamin dan bahan makanan yang mengandung vitamin tersebut
F Berdiskusi tentang pertumbuhan dua orang anak yang
berbeda tingkat kesehatannya. Permasalahan yang perlu didiskusikan :
1.
Bagaimana
pertumbuhan anak yang sakit?
2.
Bagaimana
pertumbuhan anak yang sehat?
3.
Faktor-faktor
apa yang mempengaruhi kesehatan anak?
4.
Pola
makan bagaimana yang paling baik agar tumbuh sehat?
Setelah diskusi siswa
diminta mengungkapkan pendapatnya.
Matematika
F Tanya jawab
tentang satuan panjang yang digunakan untuk mengukur tinggi badan
misalnya meter
F Membimbing siswa untuk mengukur tinggi badan
teman-temannya
F Membahas cara membulatkan suatu bilangan
F Mendiskusikan hubungan satuan km,m,dm dan cm
F Memberikan trik yang cepat hubungan antar satuan panjang
F Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang
berhubungan dengan satuan panjang
Pertemuan keempat 4 x 35 menit (Bahasa Indonesia, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
Aspek Menulis
F Guru memberikan tiga buah gambar seri
F Guru menyuruh siswa untuk membuat kalimat sesuai dengan
gambar
F Kemudian siswa menyusun karangan berdasarkan gambar
F Siswa mengurutkan tiga buah gambar seri menjadi
sebuah paragraf
Matematika
F Mengajak siswa menyebutkan alat ukur berat dalam
kehidupan sehari-hari
F Dengan teman sebangku pergantian mengukur berat badan
F Mendiskusikan hubungan antar satuan berat (kg, ons, gram)
F Memberikan trik cepat hubungan antar satuan berat
F Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita
yang berhubungan dengan satuan berat.
Pertemuan kelima 2 x 35 menit (Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Matematika
F Mengajak siswa menyebutkan alat ukur berat dalam
kehidupan sehari-hari
F Dengan teman sebangku pergantian mengukur berat badan
F Mendiskusikan hubungan antar satuan berat (kg, ons, gram)
F Memberikan trik cepat hubungan antar satuan berat
F Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita
yang berhubungan dengan satuan berat.
Pertemuan keenam 2 x 35 menit ( Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Matematika
F Mengajak siswa menyebutkan alat ukur berat dalam
kehidupan sehari-hari
F Dengan teman sebangku pergantian mengukur berat badan
F Mendiskusikan hubungan antar satuan berat (kg, ons, gram)
F Memberikan trik cepat hubungan antar satuan berat
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif
dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
C.
Kegiatan Akhir
Dalam
kegiatan Akhir,
guru:
F Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
F Siswa mengumpulkan tugas sesuai materi yang diajarkan
F Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan
v
Kriteria
Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
§
No.
|
§
Aspek
|
§
Kriteria
|
§
Skor
|
§
1.
|
§
Konsep
|
§
* semua benar
§
* sebagian besar benar
§
* sebagian kecil benar
§
* semua salah
|
§
4
§
3
§
2
§
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
* aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah SDN
NIP/NIK :
|
|
Semarang, 2011
Guru Tematik Kelas III
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar